Langsung ke konten utama

Geothermal ( Panas Bumi )

Geothermal merupakan energi panas yang dihasilkan dan tersimpan di bawah permukaan bumi. Energi ini berasal dari asal pembentukan planet, yaitu peluruhan radioaktif dari mineral dan aktivitas vulkanik. Akibat perbedaan antara pusat dan permukaan maka terjadilah konduktivitas dimana energi panas ini bergerak dari pusat ke permukaan, yang disebut gradiengeothermal .
Di Indonesia sendiri, geothermal terbentuk akibat proses tektonik lempeng. Di Indonesia, 3 lempeng tektonik aktif bergerak diIndonesia, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Pasifik, dan lempengIndoAustralia. Tumbukan antar tiga lempeng tektonik ini telah memberikan pembentukan energi panas bumi yang sangat penting diIndonesia. Pada akhirnyaIndonesia termasuk zona subduksi, dimana pada zona ini terjadi penunjaman di sekitar pulauSumatra, Jawa , Nusa Tenggara, Maluku, danSulawesi. Lempeng tektonik merupakan pengalir panas dari inti bumi sehingga banyak sekaligeothermal yang dapat didirikan pada zona lempeng tektonik. Pada di zona ini juga terbentuk gunung api yang berkontribusi padareservoir panas di pulau jawa yang menempati batuan vulkanik .
Kelebihan dari energi panas bumi
Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari energi panas bumi yang perlu Anda ketahui sebelum menerapkan energi ini.
RAMAH TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR
Energi panas bumi bersifat ramah terhadap lingkungan, baik dalam aspek produksi maupun penggunaan. Sehingga dampaknya benar-benar berperan pada setiap sumber daya. Pada saat menjalankan proses pengembangan dan pembuatan, tenaga panas bumi sepenuhnya telah bebas dari emisi. Tidak ada karbon yang digunakan untuk produksi, kemudian seluruh prosedur juga telah bebas dari sulfur yang umumnya telah dibuang dari proses lainnya yang dilakukan. Penggunaan energi panas bumi memang tidak akan menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan. Sehingga efek dari pemanasan global yang disebabkan oleh emisi dari bahan-bahan minyak akan berkurang. Dalam penggunaannya sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi tidak akan dibutuhkan bahan bakar minyak yang bisa menyebabkan polusi udara.
PASOKAN BEGITU BESAR
Jumlah energi panas bumi ternyata sangat besar. Energi terbarukan memang relatif tidak habis walupun dipakai secara terus menerus oleh manusia. Hal ini disebabkan karena sumber dari energi panas bumi terus aktif akibat dari peluruhan radioaktif yang berasal dari mineral. Namun relevansi dari poin ini akan terus bervariasi untuk setiap lokasinya. Misalnya saja, apabila Anda berada di daerah yang memiliki banyak sinar matahari, maka Anda bisa memiliki banyak pasokan energi surya.
SUMBER PALING BERSIH
Energi panas bumi memiliki sumber paling bersih apabila dibandingkan dengan energi yang didapatkan dari sumber energi fosil. Seperti yang kita ketahui, energi yang berasal dari fosil bisa menyebabkan polusi sekaligus emisi gas yang membuat pemanasan global, kemudian es di kutub juga dapat mencair secara perlahan.
ENERGI TERBARUKAN
Energi ini tidak akan pernah krisis atau langka karena merupakan energi alternatif yang menjadi sumber energi terbarukan. Misalnya saja, yang kita ketahui sumber energi seperti matahari dan panas bumi akan selalu tersedia dan tidak pernah habis seperti minyak bumi atau batu bara.
SUMBER ENERGI SECARA CUMA-CUMA
Sumber energi alternatif tidak perlu dibeli, sehingga Anda bisa mengesampingkan biaya produksi yang harus dikeluarkan. Sumber energi yang alami seperti angin, sinar matahari, dan air hanya membutuhkan biaya awal untuk proses instalasi saja. Namun setelah itu semuanya bisa berjalan dengan sendirinya. Coba bayangkan untuk beberapa energi fosil seperti minyak bumi dan batu bara, harganya pasti akan terus naik dari waktu ke waktu.
Kekurangan dari energi panas bumi
Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari energi panas bumi yang perlu Anda ketahui sebelum menerapkan energi ini.
BIAYA INSTALASI AWAL YANG TINGGI
Proses instalasi awal untuk pembangkit tenaga listrik dari energi alternatif tidak membutuhkan biaya instalasi awal yang tinggi. Misalnya saja, sebuah bendungan dibangun untuk membuat pembangkit listrik bertenaga air. Membangun bendungan juga harus melibatkan relokasi penduduk yang membutuhkan biaya tinggi. Biaya modal yang besar dikarenakan penggunaan energi panas bumi memerlukan eksplorasi dan eksploitasi terlebih dahulu. Namun walaupun biaya instalasi awal besar, hal ini sepadan dengan manfaat yang diberikan dari energi panas bumi.
TIDAK BISA DIANDALKAN
Sumber energi alternatif sebenarnya tergantung pada faktor-faktor yang alami, sehingga tidak bisa selalu diandalkan. Misalnya saja, apabila terjadi kemarau panjang, maka tingkat produksi pembangkit listrik tenaga air juga bisa terhambat. Hampir sama dengan sinar matahari juga. Apabila tanpa memakai sinar matahari yang cukup, maka listrik yang telah dihasilkan juga akan berkurang.
BELUM BERSIFAT EFISIEN
Sampai saat ini, pembangkit yang berasal dari sumber energi alternatif memang belum dapat beroperasi secara efisien seperti sumber energi konvensional. Saat ini teknologi yang tersedia memang belum cukup mampu menggantikan energi konvensional dengan energi alternatif.
PENYIMPANAN DAN BIAYA TRANSPORTASI MASIH TINGGI
Salah satu penyebab mengapa energi alternatif belum dipakai secara luas ialah karena penyimpanan dan biaya transportasi yang dirasa masih tinggi.
TEMPAT TERTENTU
Kekurangan energi panas bumi selanjutnya ialah terbatasnya tempat yang bisa digunakan. Sumber energi ini hanya dapat dibangun pada tempat-tempat yang berada di sekitar lempeng tektonik dengan suhu tinggi. Biasanya lokasi seperti ini berada di dekat permukaan bumi.
MEMENGARUHI STRUKTUR PERMUKAAN TANAH
Energi panas bumi bisa memengaruhi kestabilan tanah yang berada di sekitarnya. Hal ini lah yang akan memengaruhi struktur dari permukaan tanah, sehingga senyawa lain bisa timbul akibat adanya proses pengeboran tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Kerja dan Komponen Sucker Rod Pump atau Pompa Angguk

Pengertian Pompa Angguk (    Sucker Rod Pump ) SRP atau Sucker Rod Pump atau dalam bahasa Indonesianya pompa angguk adalah metoda artificial lift yang tradisional. Di dunia migas, pompa ini merupakan salah satu alat yang dipakai untuk menaikkan minyak bumi dari dalam sumur ke permukaan tanah. Metode pompa ini dipakai untuk sumur-sumur yang sudah tidak mempunyai tekanan inplug pada resrvoarnya, maksudnya sumur yang sudah tidak memiliki tekanan yang cukup untuk menaikkan atau mengalirkan minyak bumi sampai ke permukaan. Prinsip Kerja Pompa Angguk Mekanisme kerja dari pompa angguk merupakan proses kerja dari keseluruhan komponen yang terdapat pada pompa tersebut. Cara kerjanya yaitu: Gerak utama (prime mover) akan menghasilkan gerak rotasi, selanjutnya gerak ini akan diubah menjadi gerak naik turun oleh system pitman crank assembly. Selanjutnya gerak ini akan melalui walking beam dan diteruskan ke horse head dan dijadikan gerak lurus naik turun untuk menggerakkan plunger yang berada di da

STRIPPER COLUMN ( KOLOM PELUCUT ) UNTUK PROSES STRIPPING

Pengertian  Stripping adalah operasi pemisahan solut dari fase cair ke fase gas, yaitu dengan mengontakkan cairan yang berisi solut dengan pelarut gas ( stripping agent) yang tidak larut ke dalam cairan. Stripper digunakan untuk memisahkan solut dari cairan sehingga diperoleh gas dengan kandungan solut lebih pekat. Sebagai contoh adalah pemisahan gas nitrogen dan hidrogen pada amoniak cair. Kolom stripper adalah suatu alat yang berbentuk kolom yang berfungsi intuk memisahkan fraksi minyak bumi yang terdiri dari dua atau lebih jenis fraksi. Proses pemisahan dilakukan dengan prinsip perbedaan titik didih antara jenis fraksi yang berada dalam satu campuran yang di sebut dengan stripping. Sebenarnya kolom stripper memiliki fungsi yang mirip dengan kolom destilasi, tetapi stripper hanya melakukan proses pemisahan fraksi tertentu sedangkan kolom destilasi melakukan proses pemisahan hampir keseluruhan dari fraksi yang tergandung dalam minyak bumi. Prinsip Kerja Pada dasarnya prinsip kerja kol

VALVE ( Katup / Kran )

Dalam suatu industri terutama yang bergerak dalam pengolahan Fluida (liquid atau gas), tentu memiliki sistem perpipaan yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya Fluida . Setiap rangkaian pipa pastinya memiliki suatu alat yang digunakan untuk mengatur jumlah aliran agar peroses pengolahan dapat berjalan sesuai dengan yang ditentukan. Alat tersebut disebut dengan valve atau sering juga disebut katup, tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, contoh sederhananya yaitu kran air yang hampir kita gunakan setiap hari. Namun, tidak hanya katup untuk pipa air, masih ada banyak jenis valve yang digunakan pada bidang-bidang tertentu. Dengan demikian, maka pada artikel kali ini, selain dibahas mengenai fungsi valve, akan dituliskan juga jenis-jenisnya dan cara kerjanya masing-masing. Prinsip Kerja Valve atau katup adalah sebuah perangkat yang terpasang pada sistem perpipaan, yang berfungsi untuk mengatur, mengontrol dan mengarahkan laju aliran fluida dengan cara membuka, menutup atau men